Menikmati Pilihan Air Terjun di Banyuwangi (part 1)

AIR TERJUN JAGIR
Air Terjun Jagir adalah tempat wisata yang terdapat di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Pengunjung dapat menikmati jernihnya air sungai yang mengalir dari ketinggian 50 meter. 

Air Terjun Jagir Banyuwangi ini ada 3 macam yang bersumber dari 3 mata air yang berbeda, yaitu Sumber Jagir, Sumber Buyut Ijah dan Sumber Pawon. 

Suasana yang penuh dengan kesegaran membawa pengunjung terhanyut dalam kedamaian. Selain itu, di lokasi tersebut juga terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi, yang cukup menantang bagi para pecinta olahraga adrenalin, dapat mencoba climbing disana.





AIR TERJUN SELLO TIRTO
Lokasi Air terjun Sello Tirto berada di wilayah PTPN XII Kebun Pasewaran, yang terletak di desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, sekitar 50 km dari kota Banyuwangi. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan 100 meter dari tempat pemberhentian terakhir, selanjutnya menuruni jalan setapak.

AIR TERJUN SELOGIRI
Air terjun Selogiri berjarak 13 km ke arah utara kota Banyuwangi, masuk wilayah Kecamatan Kalipuro. Dinamakan Air Terjun Selogiri karena lokasinya berada di daerah Perkebunan PTPN XII Selogiri. Air Terjun ini lokasinya masuk area perkebunan, maka perlu perjuangan untuk mencapainya.

Karena harus melalui jalan yang masih berbatu atau jalan makadam Untuk menuju lokasi Air Terjun Selorejo, sebaiknya tidak menggunakan motor matik mengingat medannya yang berbatu, bisa menggunakan motor trail atau sport. Jika naik mobil gunakan yang berpenggerak empat roda atau four wheel drive (4WD) dan jangan gunakan kendaraan sedan atau SUV.




Petunjuk Arah ke Air Terjun Selogiri :
Dari Banyuwangi kota mengarah ke Pelabuhan Ketapang, dan lanjut ke utara untuk sampai di wilayah Perkebunan Selogiri sejauh 3KM. Setelah melewati terminal Bus, Anda akan menjumpai papan petunjuk menuju ke Air Terjun Selogiri, lalu yang mengarah sebuah jalan yang tidak terlalu lebar.
Anda harus masuk ke gang di sebelah kiri jalan tersebut untuk menuju Perkebunan  PTPN XII Selogiri. Dari jalan raya, Air Terjun Selogiri hanya berjarak 7KM atau kira-kira ditempuh selama 40 menit dengan mobil. Anda akan memasuki kawasan hutan dengan mayoritas tanaman kayu jati. Jangan kaget jika di tengah hutan Anda menjumpai perkemahan tentara, karena memang wilayah tersebut sering dipakai kegiatan latihan militer.

Sampai di perbatasan Perhutani dan jembatan dengan papan petunjuk berisi ucapan selamatan datang di Hutan Pendidikan Blok Selogiri. Lanjutkan perjalanan sampai Anda menjumpai PAL ARBORETUM, yang berarti Anda sudah berada di lokasi Air Terjun Selogiri.
 
Suara indah gemuruhnya air terjun mulai terdengar sayup-sayup, jarak anda sudah dekat dengan Air Terjun Selogiri. Tidak ada tempat parkir di tempat tersebut, jadi biarkan kendaraan Anda di pinggir jalan dan lanjutkan perjalanan sekitar 200m lagi melalui jalan setapak menuju arah Air Terjun Selogiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menikmati Pilihan Air Terjun di Banyuwangi (part 1)"

Catat Ulasan